PELATIHAN PEMBENTUKAN KADER REMAJA DESA DI AULA DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH

21

 

PELATIHAN PEMBENTUKAN KADER REMAJA DESA

DI AULA DINAS KESEHATAN

KOTA BANDA ACEH

 

 

Acara                                      : Pelatihan Kader Konselor Remaja Desa

Tempat                                   : Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh

Tanggal Pelaksanaan          : 25 s/d 27 Agustus 2015.

Jumlah Peserta                     : 30 orang dengan rata rata jumlah kader remaja 3 s/d 4 orang per  gampong, berasal dari 9 gampong sehat yang ada di Kota Banda Aceh

Pelatihan konselor sebaya bagi remaja di desa mempunyai peran yang sangat besar terhadap peningkatan akses kesehatan reproduksi terhadap remaja di desa.. Pembinaan kesehatan melalui konselor sebaya akan mempunyai daya ungkit besar terhadap kualitas kesehatan masyarakat dimasa mendatang karena remaja merupakan generasi penerus bangsa.

Konseling sebaya adalah layanan bantuan konseling yang diberikan oleh teman sebayanya yang telah terlebih dahulu telah mendapatkan pelatihan konseling. Pelatihan untuk menjadi konselor sebaya dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok kepada teman-teman sebaya yang bermasalah atau yang mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kepribadiannya.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan :

  1. Untuk meningkatkan kemampuan & ketrampilan kader remaja di desa dalam memberikan konseling, sehingga dapat membantu remaja/ teman- teman yang lain dalam meringakan permasalahan yang dialami.
  2. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan koordinasi dengan petugas kesehatan di Puskesmas, apabila menemukan kasus dini dan       dapat merujuk ke sarana pelayanan/ Puskesmas terdekat.

Sasaran pelatihan konselor remaja ditujukan kepada kader remaja desa yang nantinya akan menjadi konselor bagi remaja yang ada di desanya masing-masing. Peserta berasal dari 9 gampong sehat yang ada di Kota Banda Aceh yaitu gampong setui Kecamatan Baiturrahman , gampong Lueng Bata Kecamatan Lueng Bata gampong Kuta Baro Kecamatan Kuta Alam, gampong Pineng Kecamatan Syiah Kuala, gampong Blang Oi Kecamatan Meuraxa, gampong Lamtemen Timur Kecamatan Jaya Baru, gampong Lampaseh Kota Kecamatan Kuta Raja, gampong Lhong Raya Kecamatan Banda Raya dan gampong Lamteh Kecamatan Ulee Kareng.

Materi yang akan diberikan, meliputi : Tumbuh Kembang Remaja, Kesehatan Reproduksi Remaja, Teknik Komunikasi dan Konseling bagi Konselor Sebaya, Penyalahgunaan Napza, Infeksi Menular Seksual, HIV / AIDS, Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat, Gambaran Puskesmas PKPR, Pengenalan Konsep Gender ,Dinamika Kelompok, Pendidik sebaya & konselor sebaya dan Rencana Tindak Lanjut.