AUDIT SURVEILANS PUSKESMAS ISO UPTD PUSKESMAS KUTA ALAM DAN UPTD PUSKESMAS BANDARAYA TAHUN ANGGARAN 2016

AUDIT SURVEILANS PUSKESMAS ISO
TAHUN ANGGARAN 2016

A. Latar Belakang
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, penerapan ISO 9001:2008 disarankan dilaksanakan di Kelompok Pelayanan Administratif (Pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan publik), Kelompok Pelayanan Barang (Pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk/jenis barang yang digunakan oleh publik), dan Kelompok Pelayanan Jasa (Pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk jasa yang dibutuhkan oleh publik). Salah satu Pelayanan publik yang dimaksud adalah pelayanan kesehatan.
Pelayanan dimaksud dilakukan karena banyak upaya namun belum maksimal dalam memaksimalkan pelayanan, disebabkan belum semua instansi pemerintah penyelenggara pelayanan memiliki standar pelayanan yang dapat dijadikan acuan baik oleh pengelola pelayanan maupun penggunanya. Manfaat adanya suatu standar pelayanan bagi suatu organisasi pelayanan tampaknya belum sepenuhnya dipahami oleh semua instansi pemerintah, sehingga keberadaan suatu standar pelayanan sebagai alternatif solusi perbaikan kinerja pelayanan masih belum dijadikan dasar dalam pemberian pelayanan.
Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Puskesmas yang merupakan organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam bidang pelayanan terhadap Kesehatan juga diharapkan memiliki standar manajemen mutu berstandar internasional. Pengelolaan yang profesional dalam Puskesmas dapat diwujudkan dalam bentuk komitmen terhadap mutu pelayanan dan pengembangan sesuai dengan perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan penggunanya.

Puskesmas pemerintah Kota Banda Aceh merupakan salah satu layanan yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sejak tahun 2013 sebagai komitmen dalam peningkatan mutu pelayanan dan perbaikan berkelanjutan. Dalam rangka menjaga konsistensi dalam pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas Kota Banda Aceh, secara berkala selalu dievaluasi keefektifannya melalui audit pengawasan (surveillance audit) ISO 9001:2008 oleh Badan Sertifikasi Nasional/Internasional.

B. Maksud dan Tujuan.
Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaga konsistensi tingkat pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Banda Aceh yang sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dengan memperoleh pengakuan badan Sertifikasi Internasional terhadap penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 pada UPTD Puskesmas Kuta Alam dan UPTD Puskesmas Banda Raya.

C. Target dan Sasaran
1. Memperbaiki, mempertahankan dan meningkatkan pelayanan Puskesmas Kota Banda Aceh.
2. Terselenggaranya kegiatan audit internal ISO 9001:2008.
3. Terlaksananya Tinjauan Manajemen.
4. Terlaksananya Audit Surveilance ISO 9001:2008 dari lembaga sertifikasi PT.SGS Indonesia untuk UPTD. Puskesmas Kuta Alam dan UPTD Puskesmas Banda Raya.

D. Nama Organisasi
Organisasi pelaksana kegiatan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

E. Pelaksanaan Audit Surveilans Puskesmas Iso
Tahun Anggaran 2016

a. Untuk UPTD Puskesmas Kuta Alam di Laksanakan tanggal 19 September s/d selesai 2016
img_0210-2img_0174-2img_0258-2
b. Untuk UPTD Puskesmas Banda Raya di Laksanakan tanggal 13 Oktober s/d selesai 2016
img_0347-2img_0383-2img_0461