Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh– Acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) , dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan (Ir.Syukri MSc) mewakili Walikota Banda Aceh di Gedung Rumoh PMI Banda Aceh tanggal 05 Oktober 2018 diikuti dengan Penandatanganan Komitmen Lintas Sektor dalam Pelaksanaan GERMAS di Kota Banda Aceh , acara tersebut turut dihadiri oleh Teuku Khaidir Anggota Komisi IX DPR RI , Ir Dina Agus Sulistiyani , MKes dari Dit Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat serta Lintas Sektor terkait

Apa itu Germas ?

dikutip dari situs kemenkes RI, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, tutur Menkes.

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.