Pertemuan Mid Term Review Kampanye Imunisasi MR Fase II Kota Banda Aceh

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Kemenkes RI, WHO, UNICEF dan CDC Atlanta menggelar acara “Pertemuan Mid-term Review kampanye Imunisasi MR Fase II Tahun 2018” pada hari Rabu tanggal 17 Oktober 2018 di Hotel The Pade. Pada acara tersebut menghadirkan narasumber dari :

  • Kementerian Kesehatan RI Bapak Hakimi, SKM, M.Kes
  • Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Bapak dr. Warqah Helmi
  • Konsultan WHO dr. Reazul Hasan
  • Perwakilan CDC Atlanta mrs. Elizabeth
  • Ketua IDAI Provinsi Aceh Dr. dr Herlina Dimiati, SPA(K)
  • Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh bagian Tengah Bapak Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh 57 orang peserta yang terdiri dari Instansi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Dinas Kesehatan Provinsi, Puskesmas, Rumah Sakit, Kepala Sekolah Dasar, Komite sekolah dan Lintas sektor lainnya. Adapun tujuan dari penyelenggaraan acara Mid-term Review kampanye Imunisasi MR Fase II ini adalah :

  1. Untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan tantangan di kota Banda Aceh, kecamatan dan desa untuk menetapkan rencana tindak lanjut perbaikan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelaksanaan kampanye Imunisasi MR.
  2. Melakukan koordinasi dan meningkatkan kerjasama dengan stakeholder lokal untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya di sekolah – sekolah dan desa dengan sasaran yang besar namun cakupan masih rendah.
  3. Meningkatkan motivasi tenaga kesehatan dan membangun kembali komitmen pemimpin daerah dan stakeholder lokal untuk mensukseskan kampanye Imunisasi MR.

Rencana Tindak Lanjut :

  1. Teridentifikasi masalah dan tantangan yang ada
  2. Mengkoordinasi ulang ke sekolah – sekolah untuk menjadwalkan kembali pelaksanaan kampanye MR
  3. Mensosialisasikan ulang kampanye MR melalui KIE
  4. Meminta dukungan dari FORKOPIMDA terkait pelaksanaan Kampanye MR