Pemerintah Kota Banda Aceh Umumkan Pemenang Gampong Sehat Gemilang Tahun 2018

Senin 3 Desember 2018, bertepatan dengan apel gabungan Pemerintah Kota Banda Aceh mengumumkan pemenang untuk lomba Gampong Sehat Gemilang (GSG) Tahun 2018. Ditahun ini ada 9 Gampong yang mengikuti lomba Gampong Sehat Gemilang dan telah melalui tahapan pembinaan dan penilaian yang dilakukan dari tanggal 23-29 Oktober 2018. Adapun Gampong yang berpartisipasi dalam lomba GSG tahun ini adalah :

  1. Gampong Baro kecamatan Meuraxa
  2. Gampong Punge Blang Cut kecamatan Jaya Baru
  3. Gampong Sukaramai kecamatan Baiturrahman
  4. Gampong Lamlagang kecamatan Banda Raya
  5. Gampong Lamseupeung kecamatan Lueng Bata
  6. Gampong Lambhuk kecamatan Ulee Kareng
  7. Gampong Kopelma Darussalam kecamatan Syiah Kuala
  8. Gampong Kuta Alam kecamatan Kuta Alam
  9. Gampong Merduati kecamatan Kuta Raja

Setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai yang berasal dari lintas sektor terkait yaitu Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Dishubkominfo, DLHK3, Bagian Pembangunan dan Bagian Hukum Pemko Banda Aceh, DPMG, DP3AP2KB, Bappeda, PUPR, dan LSM Dompet Dhuafa. Maka terpilihlah Gampong Baro dari Kecamatan Meuraxa sebagai Gampong Sehat Gemilang Tahun 2018 kategori “Jroh”, dan diperingkat kedua diraih oleh Gampong Lambhuk dari Kecamatan Ulee Kareng yang mendapat predikat Gampong Sehat Gemilang kategori “Ceudah”.

 

Ada 5 indikator yang dinilai oleh tim penilai untuk 9 gampong tersebut, yaitu prilaku, lingkungan, regulasi/kebijakan, data dan informasi, dan program inovasi. Gampong lain yang tidak mendapat kategori Jroh dan Ceudah dan telah berpartisipasi dalam lomba Gampong Sehat Gemilang Tahun 2018 mendapat predikat Gampong Sehat Gemilang kategori “Meutuah”, karena kesembilan gampong yang telah berpartisipasi dan telah dilakukakan pembinaan serta penilaian, semuanya sudah mencerminkan ciri dari Gampong Sehat Gemilang.