Strategi Peningkatan Layanan Jampersal

Selasa tanggal 16 April 2019 Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan pertemuan kegiatan strategi peningkatan layanan jampersal oleh tenaga kesehatan yang bertempat di Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Dalam kegiatan ini turut hadir Plt Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Warqah Helmi, Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Quratul Aini, dan Kasi kesga Gizi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Malahayati, SKM.MPH.

Pertemuan tersebut diikuti oleh bidan praktek swasta/mandiri, bidan desa serta petugas Puskesmas yang ada di Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan KB pasca persalinan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten dan berwenang di fasilitas kesehatan, meningkatkan jumlah persalinan di faskes yang kompeten, dan menurunkan kasus komplikasi pada ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir. Jaminan persalinan merupakan jaminan pembiayaan persalinan yang diberikan kepada semua ibu bersalin yang belum atau tidak memiliki kartu jaminan kesehatan atau sumber pembiayaan lainnya.

Plt. Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Warqah Helmi mengatakan agar seluruh bidan dalam Kota Banda Aceh untuk dapat menjalankan program jampersal sebagaimana mestinya agar dapat membantu masyarakat khususnya ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, serta KB paska persalinan. Bidan dan petugas kesehatan yang hadir pada pertemuan tersebut mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan peningkatan layanan jampersal di fasilitas kesehatan serta juga sebagai tempat menyambung tali silaturrahmi para bidan dalam wilayah Kota Banda Aceh.