Gampong Peurada, Gampong Sehat Gemilang (GSG) Tahun 2019

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh telah melaksanakan deklarasi Gampong Sehat Gemilang (GSG) terhadap 2 gampong yang telah berhasil mendapatkan nilai tertinggi dari hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim penilai GSG beberapa waktu yang lalu. Tim penilai GSG berasal dari beberapa instansi di wilayah kerja Pemko Banda Aceh. Setelah melalui tahap pembinaan dan serangkaian penilaian, akhirnya Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan mengukuhkan Gampong Peurada Kecamatan Syiah Kuala sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG) Tahun 2019 dengan kategori “Jroh”.

Acara deklarasi Gampong Peurada sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG) diselenggarakan di halaman Mesjid Al- Hidayah Gampong Peurada, Banda Aceh. Pengukuhan Peurada sebagai Gampong Sehat Gemilang dideklarasikan langsung oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan turut hadir juga Ketua Tim Pembina dari Dinas Kesehatan dr. Warqah Helmi, Ketua Tim Penilai Cut Safarina Yulianti, ST., MM., MT., Camat Syiah Kuala, dan lintas sektor.

Aminullah Usman dalam sambutannya mengharapkan semua Gampong yang ada di Banda Aceh dapat mengikuti jejak gampong Peurada, mengingat pentingnya kesehatan bagi kita dan keluarga. Dan untuk Gampong Peurada Walikota berpesan untuk dapat terus mempertahankan prestasi yang sudah diperoleh. Gampong Sehat Gemilang merupakan salah satu program Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mewujudkan Banda Aceh sehat gemilang dalam bingkai syariah. Tahun 2019 ada 10 gampong yang dibina diantaranya :

  1. Ateuk Pahlawan
  2. Lam Ara
  3. Geuceu Iniem
  4. Lamteumen Barat
  5. Peurada
  6. Bandar Baru
  7. Keudah
  8. Lampaloh
  9. Punge Jurong
  10. Doy

Gampong Peurada meraih penghargaan sebagai Gampong Sehat Gemilang kategori Jroh (peringkat 1), Gampong Lam Ara dari kecamatan Lam Ara meraih predikat Ceudah (peringkat 2), sedangkan kedelapan Gampong lainnya meraih predikat Meutuah. “Ini merupakan program inovatif dari pemerintah Kota Banda Aceh dimana nantinya pada Tahun 2025 semua Gampong di Kota Banda Aceh mendapat predikat Gampong Sehat Gemilang’’ tutur dr. Warqah Helmi.