Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Terus Edukasi Masyarakat Terkait Pencegahan Penularan Covid-19

Sebagai upaya antisipasi penyebaran dan penularan virus Corona atau Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh terus menggencarkan penyuluhan keliling Senin (30/03/2020).

Tim dari Dinas Kesehatan melanjutkan penyuluhan keliling ke tempat – tempat yang masih rawan keramaian seperti pasar. Pasar yang dituju adalah pasar Setui, pasar Neusu, dan pasar Peuniti. Dalam aksinya tim mengingatkan kembali seruan bersama yang dikeluarkan oleh FORKOPIMDA Kota Banda Aceh, pentingnya menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Pemerintah Kota Banda Aceh telah memasang wastafel portable di area publik yang dapat dimanfaatkan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Penyuluhan Covid-19 Pasar Peuniti

Dalam kesempatan yang sama tim juga mengintruksikan kepada para penjual dan pembeli yang sedang bertransaksi untuk menerapkan physical distancing (menjaga jarak fisik) minimal 1,5 meter, hal ini sangat penting dilakukan karena virus dapat menular melalui droplet (tetesan pernapasan) seseorang yang telah terinfeksi.

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh terus berkomitmen untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19, selain tenaga medis yang berada di baris terdepan dalam penangan langsung kepada pasien, tenaga penyuluh kesehatan juga diharapkan menjadi informan yang dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait virus covid-19 dan cara pencegahan penularannya.