Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Berkomitmen Terus Lakukan Penyuluhan Pencegahan Covid-19

Dalam rangka peningkatan promosi kesehatan untuk mencegah meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah Kota Banda Aceh, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh mengadakan pertemuan koordinasi dan kerja sama dengan Yayasan Aceh Hijau yaitu mitra UNICEF, Kamis (14/05/2020).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Media Yulizar, Kabid KESMAS dr. Quratul Aini, Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (Promkes & PM) Dinkes Kota dan Promkes & PM dari 11 Puskesmas di Kota Banda Aceh, serta Dewi Phonna Diyani, SKM., MPH selaku program manager Yayasan Aceh Hijau.

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bersama dengan Yayasan Aceh Hijau sepakat menjalin kerjasama dalam menyukseskan penyuluhan pencegahan Covid-19 di Banda Aceh. Nantinya tim penyuluh akan disebar diberbagai titik keramaian seperti pasar, supermarket, mesjid, tempat penjualan takjil berbuka puasa, dan tempat lain dengan intensitas berkumpulnya banyak orang guna mengedukasi masyarakat cara memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Selama bulan Ramadhan, pasar dan tempat penjualan takjil menjadi prioritas utama untuk dilakukan penyuluhan, selain tidak diterapkannya physical dan social distancing dalam transaksi jual beli, banyak juga ditemukan para penjual dan pembeli yang tidak menggunakan masker. Hal ini menjadi tolak ukur belum maksimalnya sosialisasi tentang Peraturan Wali Kota Banda Aceh Nomor 25 Tahun 2020 Tentang penggunaan masker dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat.