Door to Door, PKK dan Dinkes Kota Banda Aceh Edukasi Warga Soal Pencegahan Covid-19

Banda Aceh – Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan aksi simpatik membagikan masker dan leaflet edukasi pencegahan covid-19, Rabu (12/8). Aksi ini dilaksanakan dengan sistem door to door dengan menyambangi rumah penduduk. Selain itu tim juga menyasar pengendara yang melintas dijalan seputaran gampong.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Banda Aceh Hj Nurmiaty AR mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dan membagikan masker kepada warga yang berada dirumah disekitaran gampong Peunyerat kecamatan Banda Raya, dan gampong Sukaramai kecamatan Baiturrahman.

Kegiatan yang dilakukan TP-PKK Kota Banda Aceh ini untuk merespon Instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan Menteri dalam Negeri M. Tito Karnavian. Dalam instruksi tersebut dicanangkan Gebrak (Gerakan Sejuta Masker) dan edukasi langsung kepada masyarakat terkait pencegahan covid.


Hal ini disampaikan Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Banda Aceh Syukriah, SKM., MKM.

“Dinkes bersama Ketua PKK dan rombongan melakukan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini berkaitan dengan “Gebrak” PKK serentak untuk mendukung pemerintah mengurangi angka kasus covid-19, caranya adalah membagikan masker secara door to door.” Ungkap Syukriah.

“Cara ini lebih efektif, karena kegiatan edukasi dan penyuluhan langsung dilakukan ke rumah masyarakat. Dan juga menghindari kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan”. Tambahnya

Disamping mendorong masyarakat untuk menggunakan masker, TP-PKK Kota Banda Aceh juga mensosialisasikan GAMPANG (Gerakan Aceh Mandiri Pangan) kepada TP-PKK gampong. Tujuannya yaitu menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah guna memenuhi pangan keluarga (minimum).