Pemko Banda Aceh Rancang Perwal, Realisasikan Program Germas

Sesuai dengan Instruksi Presiden RI No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh sangat mendukung dan menyambut baik adanya Germas. “Kita menyambut baik kegiatan Penyusunan Perwal Germas ini, Perwal ini penting dikarenakan nantinya akan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita,” kata Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin saat membuka acara penyusunan perwal Germas di Kyriad Muraya Hotel, Rabu (7/10). Waki Walikota yang akrab disapa Cek Zainal juga mengingatkan kepada para peserta pertemuan akan arahan presiden Jokowi untuk fokus dalam meningkatkan kesehatan masyrakat.

Dalam pertemuan tersebut Wakil Walikota Zainal turut didampingi oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesejahteraan Rakyat, Faisal S.STP., turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh, Lukman, SKM., M.Kes., Sekretaris Dinkes Kota, Darwis, SKM., M.Kes., perwakilan dari OPD terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh seperti Bappeda, Bagian Hukum, Disdik, dan DPMG. Serta narasumber dari Dinas Kesehatan Aceh, Suwarni, SKM., MPH.

Suwarni dalam materinya mengharapkan pertemuan ini nantinya dapat menghasilkan Perwal Germas yang selaras dengan Pergub Aceh No 36 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Di Aceh.

“Ada beberapa hal yang dapat mendukung kegiatan Germas, seperti melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, edukasi dan prilaku hidup sehat, pangan sehat dan perbaikan gizi, deteksi dini penyakit, dan lingkungan yang sehat,” ujarnya.

Kegiatan pertemuan penyusunan perwal Germas ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh peserta dipintu masuk, mewajibkan seluruh peserta menggunakan masker, posisi duduk yang diatur berjarak dan membatasi peserta pertemuan 50 persen dari kapasitas ruangan.