Evaluasi Kinerja dan Pemanfaatan Dana di Puskesmas, Dinkes adakan kegiatan penilaian RAPOR

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Penilaian RAPOR Puskesmas Tahun 2020 di  Aula Khaula Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, pada hari Selasa (10/11/2020).

Para peserta terdiri dari, Kepala Puskesmas, Ketua Tim Mutu dari Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Sebagai juri pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Kota, para kepala bidang Yankes, P2P, Kesmas dan SDK. 

Tujuan dari kegiatan Penilaian RAPOR Puskesmas untuk mengevaluasi terhadap kinerja dan pemanfaatan dana di masing-masing Puskesmas. Adapun penilaian kinerja yang dinilai yaitu UKM Essensial, UKM pengembangan, UKP, Manajemen, kemampuan kapus dalam mempresentasikan RAPOR dan Penggunaan Dana. Dengan kegiatan Penilaian RAPOR Puskesmas  ini diharapkan  adanya  keseimbangan antara penggunaan dana di Puskesmas dengan hasil yang dicapai sesuai dengan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah. Kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas serta poin penilaian diharapkan dapat diperluas seperti kerapian dan keindahan.

Untuk hasil penilaian RAPOR Tahun 2020 terjadi kendala dalam pelaksanaan realisasi kegiatan sehubungan dengan pandemik COVID 19, beberapa kegiatan yang terkait dilapangan dengan pengumpulan massa seperti, Posyandu, Posbindu, Posbindu lansia, senam lansia, prolanis, dan kegiatan disekolah, sebagian besar tidak bisa dilaksanakan sehingga memepengaruhi hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes menyampaikan penilaian RAPOR Puskesmas periode Bulan Januari s.d September 2020, menilai dan mengevaluasi target-target kekurangan tahun ini untuk ditingkatkan pada tahun depan, serta upaya untuk memotret diri sendiri untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja Puskesmas. Pemenang akan dimumkan pada saat pencanangan HKN Tahun 2020.