Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Evaluasi Capaian Indeks Keluarga Sehat (IKS) Tahun 2020

Banda Aceh – Dalam rangka upaya peningkatan dan penguatan pencapaian target program keluarga sehat. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh melaksanakan pertemuan evaluasi capaian Program Indonesia sehat dengan Pendekatan Keluarga, (12/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM, M.Kes ketika membuka acara mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian indeks keluarga sehat (IKS) Kota Banda Aceh melalui aplikasi keluarga sehat.

“Saat ini indeks keluarga sehat (IKS) Kota Banda Aceh adalah 0,48 dimana itu menunjukkan kita masih dizona tidak sehat, dengan adanya pertemuan ini kita berharap ditahun 2020 ini Kota Banda Aceh bisa masuk dalam kategori Kota Sehat dan program pencapaian keluarga sehat ini merupakan visi dan misi Pak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh yang tertuang dalam RPJM Kota Banda Aceh dan sangat penting untuk diwujudkan,” ujar Kadinkes.

Disamping itu, M Yusuf, ST, MPH dari tim Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menyampaikan informasi penting tentang penggunaan aplikasi terbaru dalam hal melakukan monitoring dan penginputan data PIS-PK.

“Aplikasi ini nantinya dapat membantu kita dalam memantau data pelaksanaan program PIS-PK disetiap Puskesmas, sehingga mempermudah tim dalam mengevaluasi perkembangan pelaksanaan intervensi untuk capaian target keluarga sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Banda Aceh, Saifuddin A Malik, SKM, S.Sos didampingi oleh Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Syukriah SKM, MKM yang ikut serta mengkoordinir dan mendampingi peserta pertemuan memberikan motivasi serta semangat kepada semua tim PIS-PK Puskesmas.

“Kita semua harus bisa menerapkan aplikasi terbaru dalam mengimplementasikan program PIS-PK ini agar keluarga-keluarga yang ada di Kota Banda Aceh dapat terus dilayani dalam mencapai status keluarga sehat. Tentu untuk mencapai target tersebut, kita harus berkolaborasi sesama tim dengan kuat dan memfasilitasi keberdayaan masyarakat dengan pendekatan keluarga” pesannya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jeulingke drg. Juwariyah yang ikut serta dalam pertemuan evaluasi tersebut mengatakan, kegiatan memperkenalkan aplikasi terbaru dalam program PIS-PK ini sungguh sangat membantu dan memberikan informasi yang bermakna dalam melakukan monitoring dan implementasi keluarga sehat dilapangan.

“Kita berharap dengan aplikasi ini akan dapat mempermudah melakukan kegiatan pembinaan dan intervensi menuju keluarga sehat di lapangan nantinya”. Harapnya.

 

Sumber : https://www.newsbandaaceh.com/