Walikota Banda Aceh Deklarasikan Ateuk Munjeng Sebagai Gampong Sehat Gemilang Tahun 2020

Dari 10 gampong yang dilakukan penilaian, Ateuk Munjeng keluar sebagai Gampong Sehat Gemilang Tahun 2020 kategori Jroh (baik), walikota Banda Aceh Aminullah Usman turut hadir untuk mendeklarasikan pencapaian tersebut yang diselenggarakan di halaman meunasah gampong Ateuk Munjeng pada Kamis (19/11).

Alhamdulillah kita telah melaunching Gampong Ateuk Munjeng sebagai gampong sehat gemilang kategori jroh,” kata Aminullah.

Aminullah mengatakan, penetapan Gampong Ateuk Munjeng itu sudah melewati penilaian tim secara independen. Karena itu diperlukan komitmen menjaga gampong sehat ini. 

“Harus konsisten menjalankan pola hidup sehat, diharapkan Gampong Ateuk Munjeng terus memelihara prestasi ini,” ujarnya.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada Gampong Ateuk Munjeng, Aminullah Usman memberikan satu set komputer lengkap beserta printer yang diterima langsung oleh keuchik gampong setempat.

Dalam kegiatan tersebut turut hadiri Asisten I, Ajendam Iskandar Muda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Danramil dan Kapolsek Baiturrahman, Ketua TP-PKK Banda Aceh, Camat dan Kepala KUA Baiturrahman, Ketua TP-PKK gampong, Kepala Puskesmas dan Unsur RAPI Baiturrahman, FOKBAR (Forum Kepemudaan Baiturrahman) dan seluruh keuchik dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman.

Kegiatan Gampong Sehat Gemilang ini merupakan kegiatan rutin Pemko Banda Aceh dimana setiap tahunnya ada 10 gampong yang dibina untuk selanjutnya dinilai oleh tim penilai yang berasal dari lintas sektor seperti DLKH3, Dinas Perkim, Bag. Hukum, Bappeda, DP3KA, Bag. Pembangunan, Dinas Syariat Islam, Diskominfo, Dinas PUPR dan Dinas Sosial Kota Banda Aceh.

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan pembinaan pada 10 gampong yang nantinya setiap Keuchik akan mempresentasikan profil dan kesiapan gampongnya sebagai Gampong Sehat Gemilang didepan tim penilai. Setelah presentasi, tim penilai memilih 5 gampong yang lolos dan berkesempatan dikunjungi tim penilai untuk dilakukan verifikasi lapangan.

Untuk 5 besar Juara Gampong Sehat Gemilang Tahun 2020, yaitu Juara 1 kategori Jroh Gampong Ateuk Munjeng, Juara 2 kategori Ceudah Gampong Lambung, Juara 3 Kategori Meutuah Gampong Lamgugob dan diikuti oleh Gampong Geuceu Komplek dan Surien.