Aminullah Deklarasikan Gampong Lambung Sebagai Gampong Sehat Gemilang Kategori “Ceudah”

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mencanangkan Lambung sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG). Pada Lomba GSG 2020, Lambung berhasil meraih peringkat dua terbaik alias kategori “Ceudah”.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan deklarasi GSG oleh keuchik Lambung Yasir, ST, aparatur gampong, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan setempat. Kemudian penandatanganan dokumen deklarasi oleh para pejabat terkait dan diketahui oleh wali kota.

Pada acara yang digelar di Gedung Escape Building Lambung tersebut, Aminullah turut menyerahkan hadiah berupa satu unit komputer dan satu unit printer kepada perangkat gampong setempat, Jumat 20 November 2020.

Dalam sambutannya, wali kota menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh warga Lambung atas pendeklarasian sebagai GSG dengan kategori “Ceudah”. “Sesuai dengan namanya, ‘ceudah’ itu bermakna cantik atau sesuatu yang menakjubkan. Dan itu memang identik dengan Gampong Lambung selama ini,” katanya.

Dengan penobatan Lambung sebagai juara dua GSG 2020, ujar wali kota, berarti seluruh warga telah berperan aktif mewujudkan indikator-indakator penilaian gampong sehat. “Indikatornya antara lain ketersediaan pelayanan kesehatan, tenaga medis, fasilitas pendukung gampong sehat, serta komitmen dari perangkat gampong dan warganya.”

Pada kesempatan yang sama, Camat Meuraxa Ardiansyah S.STP, M.Si turut memberi apresiasi kepada aparatur serta seluruh warga Gampong Lambung yang telah memberikan hasil terbaik dalam lomba tersebut.

“Suatu prestasi tersendiri bagi gampong lambung khususnya dan kecamatan Meuraxa pada umumnya,” katanya didampingi Kapolsek Meuraxa, Iptu Sujono dan Danramil 15/Meuraxa Kapten Inf Nanang Junaedi.

Ardiansyah berharap agar prestasi ini menjadi pemantik semangat bagi 15 gampong lain yang ada di kecamatan Meuraxa untuk bisa berpacu dalam hal prestasi.

“Juga harapan kami dapat menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat khususnya di bidang penghijauan, ketahanan pangan dan juga dalam bidang kesehatan mungkin itu menjadi perhatian kita khususnya di saat pandemi covid,” harapnya.