Tenaga Kesehatan di Kota Banda Aceh Siap menerima Vaksin Covid-19

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyiapkan seluruh Puskesmas untuk program vaksinasi Covid-19. Tenaga kesehatan akan menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19 tahap pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, SKM., M.Kes mengatakan, bahwa seluruh Puskesmas di Kota Banda Aceh yang berjumlah 11 unit akan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi. “Untuk vaksinatornya ada sekitar 6.315 tenaga kesehatan yang disiapkan,” ungkapnya, Rabu (20/1).

Pendistribusian vaksin Covid-19 yang dilaksanakan pada Senin (18/1) tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes dan didampingi oleh Kabid P2P, Desvita, SKM., M.Kes serta didukung oleh tim dari Polresta Banda Aceh.

Adapun fasyankes yang menerima vaksin diantaranya RSUD Meuraxa, RSUD Zainal Abidin, RS Ibu dan Anak, RS Kesdam Iskandar Muda, Poliklinik Dokkes, dan 11 Puskesmas yang berada di wilayah kerja Dinkes Kota Banda Aceh.

Kadinkes Kota Banda Aceh menambahkan untuk tahap pertama ini Banda Aceh telah menerima sebanyak 12.760 vaksin produksi Sinovac untuk dua kali penyuntikan dimana penyuntikan kedua akan dilakukan 14 hari setelah penyuntikan pertama.

“Saat ini di Banda Aceh sudah ada 12.760 vaksin. Target kita semua tenaga kesehatan yang  memenuhi syarat kita vaksin,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut Lukman, baru kemudian pendistribusian vaksin untuk masyarakat, karena target pemerintah vaksinasi ini dapat diselesaikan hingga akhir tahun 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh berharap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar, dan nakes yang menjadi sasaran tahap pertama ini dapat mengakses pelayanan vaksinasi di Puskesmas dan RS yang telah tersedia vaksin Covid-19 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.