Sekda Aceh Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kota Banda Aceh

Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar vaksinasi massal bagi tenaga kesehatan pada Senin (8/2) yang dipusatkan di 11 Puskesmas yang ada di Kota Banda Aceh. Kegiatan ini diikuti seluruh tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah M.Kes, meninjau langsung vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Kota Banda Aceh.

Taqwallah didampingi oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, dan Kadinkes Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes, berkeliling ke beberapa Puskesmas untuk menyaksikan langsung sejumlah tenaga kesehatan yang tengah disuntik vaksin Covid-19.

“Alhamdulillah, vaksinasi bagi para Nakes di sejumlah Puskesmas dalam Kota Banda Aceh sesuai dengan target. Tadi saya bersama Pak Wakil Wali Kota memantau langsung proses vaksinasi di sejumlah Puskesmas. Hasilnya cukup memuaskan,” ujar Sekda.

Dalam kunjungan singkatnya ke Puskesmas Kuta Alam, Sekda Aceh mengintruksikan seluruh lapisan tenaga kesehatan dapat meningkatkan kesadarannya untuk berpartisipasi menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (Nakes) akan rampung pada Rabu 10 Februari 2021. Hingga kini sudah lebih dari seribu nakes yang divaksin dari total 6.000-an nakes yang ada di Banda Aceh.

Hal tersebut dikemukakan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada rapat via video conference dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh Taqwallah, dari pendopo. Rapat itu juga diikuti oleh sejumlah wali kota dan bupati di Aceh.

Sasaran vaksinasi Covid-19 di Banda Aceh ialah kelompok prioritas seperti, Tenaga Kesehatan, Tenaga Pelayanan Publik (TNI dan Polri) dan Masyarakat Rentan Sosial dan Ekonomi, dengan total sasaran umur dari 18 sampai 59 Tahun.

Di Banda Aceh, tempat yang akan digunakan sebagai tempat vaksinasi ini yakni, di 11 Puskesmas, RS Kesdam, RS Bhayangkara, dan Poli Klinik Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Aceh.