Pantau Kondisi Pasien Jiwa, Dinkes Kota Banda Aceh Lakukan Home Visit

Banda Aceh – Dalam rangka pemantauan kondisi pasien jiwa diwilayah Kota Banda Aceh, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) melakukan kunjungan rumah atau home visit.

Didampingi Puskesmas Kuta Alam, tim dari Dinkes Kota Banda Aceh mengunjungi salah satu pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ di Gampong Peunayong, Kuta Alam, Banda Aceh.

Program ini merupakan kegiatan rutin Dinkes Kota Banda Aceh yang dilakukan per tiga bulan dalam setahun. Kegiatan home visit ini bertujuan untuk melakukan peninjauan langsung perawatan pasien jiwa dirumah, mengedukasi keluarga pasien, dan pemantauan minum obat teratur guna mencegah kekambuhan pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman., SKM., M.Kes., mengharapkan partisipasi setiap lapisan masyarakat guna mendukung kesembuhan pasien ODGJ.

“Yang penting adalah sekembalinya mereka dari perawatan di RSJ, kepada masyarakat dan keluarga diharapkan pasien jiwa tersebut tidak dikucilkan, tetapi harus diikutkan dalam interaksi sosial sebagai mana mestinya. Hal itu lah yang mempercepat proses kesembuhan bagi mereka,” jelasnya.

Lukman juga meminta kepada setiap lapisan masyarakat untuk dapat merespon cepat setiap masalah kesehatan yang terjadi dan segera melaporkannya ke Puskesamas terdekat.

“Kita berharap partisipasi aparatur gampong dan masyarakat untuk lebih aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan melakukan koordinasi lintas sektor khususnya puskesmas, laporkan apabila ditemukan penyakit disekitar kita, terutama penyakit ODGJ agar dapat dilakukan tidakan secepat mungkin.” ungkapnya.