Jamin Keamanan Konsumen, Dinkes Kota Banda Aceh Dampingi BBPOM Aceh Sampling Takjil Buka Puasa

Banda Aceh – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh Bersama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melakukan sampling terhadap makanan takjil yang dijual selama bulan Ramadhan di beberapa lokasi di Kota Banda Aceh, Kamis (15/4). Lokasi sampling yang dilakukan adalah seputaran jalan Daud Beureueh, T. Panglima Nyak Makam , Jeulingke, Darussalam, Peurada, dan Ulee Kareng.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Kepala Seksi Kefarmasian Dian Aryanti, SKM., mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan secara rutin oleh BBPOM dalam rangka mengawasi pedagang takjil di Kota Banda Aceh agar tidak menjajakan dagangan yang mengandung zat-zat berbahaya.

“Ini merupakan kegiatan rutin, tujuannya untuk memberi perlindungan kepada konsumen agar pangan yang dijual selama bulan Ramadhan aman untuk dikonsumsi dan mengedukasi pedagang takjil atau pedagang pasar terkait bahan bahaya yang sering disalahgunakan dalam membuat makan”, ungkapnya.

Dian mengatakan kegiatan tersebut akan terus dilakukan hingga akhir Ramadhan di berbagai lokasi penjualan takjil yang berada di Kota Banda Aceh.

“Jika ditemukan pedagang yang menjual takjil dan mengandung zat-zat berbahaya maka akan dilakukan pembinaan kepada pedagang tersebut agar dia tahu mana zat-zat yang boleh dan tidak boleh dimasukkan dalam produk pangan olahan”, ujarnya.