Pemko dan Polresta Banda Aceh Kembali Gelar Vaksinasi Massal

Banda Aceh – Pemko dan Polresta Banda Aceh kembali menggelar vaksinasi massal yang dijadwalkan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (24-25 Juli 2021) di Taman Budaya, Jln. Teuku Umar.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu langkah strategis dalam mendukung penanganan Covid-19 dengan melakukan percepatan vaksinasi di Kota Banda Aceh.

“Hari ini kita targetkan sebanyak 500 warga yang divaksinasi, dan ini akan dilaksanakan selama dua hari, kemungkinan akan lebih banyak warga yang melaksanakan vaksinasi” tutur Kapolresta.

Kombes Pol Joko Krisdiyanto menambahkan untuk pelaksanaan vaksinasi di Taman Budaya terbuka untuk masyarakat umum.

“Kita terbuka kepada siapa saja, baik yang dosis kedua maupun dosis pertama bagi masyarakat yang sama sekali belum melakukan vaksinasi silahkan datang ke sini (Taman Budaya)”, ujarnya.

Sebelumnya, Pemko dan Polresta Banda Aceh juga telah melaksanakan vaksinasi baik di Stadion Harapan Bangsa, Gerai Vaksinasi Mall maupun Lapangan Blang Padang serta Puskesmas.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Kepala Puskesmas Kuta Alam dr. Laura Machnum mengungkapkan saat ini kendala yang dihadapi adalah kurangnya vaksinator mengingat tingginya antusias warga melakukan vaksinasi di Kota Banda Aceh.

“Dalam sehari satu vaksinator hanya bisa menangani 60 pasien, banyak vaksinator kita yang jatuh sakit akibat kelelahan. Seperti kata Bapak Kapolres, akan kita upayakan relawan guna mendukung tim vaksinator di lapangan”, ungkap dr. Laura.

Pertimbangan vakinasi massal dilakukan Taman Budaya karena kegiatan dilaksanakan di area terbuka dan lebih aman di masa PPKM Darurat. Lokasi Taman Budaya juga lebih mendukung karena area yang lebih luas, dan prasarana yang menunjang. Termasuk area parkir kendaraan yang luas, bisa dioptimalkan untuk pembuatan spot-spot marker ruang tunggu antrian, guna mengurangi antrian di setiap rangkaian proses vaksin dari mulai registrasi sampai dengan observasi.