Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Perayaan Puncak HKN ke 58

Banda Aceh- Dinkes Kota banda Aceh menyelenggarakan acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022 di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Selasa (15/11). Kegiatan puncak HKN dihadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Banda Aceh Bakri Siddiq, SE, M.Si, ketua PKK Kota Banda Aceh Sri Dewi Kurnilawati, Komisi 4 DPRK Banda Aceh M. Arifin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jalaluddin,ST, MT , Kadinkes Aceh dr. Hanif, Kepala Bappeda Kota Banda Aceh Weri, SE, MA, Para Kepala SKPK, Kepala Puskesmas, dan tenaga kesehatan se-Kota Banda Aceh.

Lukman, SKM., M.Kes Selaku kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyampaikan bahwa perayaan HKN hari ini merupakan salah satu dari empat rangkaian kegiatan, sebelumnya pada Hari Jum’at yang lalu tanggal 11 November 2022 kami telah melaksanakan kegiatan jalan santai bersama dengan seluruh tenaga kesehatan baik di Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh maupun tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas. Hari Minggu kemarin juga kami telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, yaitu deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) pada acara Car Free Day. Dan dalam bulan November ini juga kami telah menggelar total 6 balapan yang bersifat kegembiraan dan bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan dan persekutuan antar sesama tenaga kesehatan, diantaranya : lomba tenaga kesehatan teladan, lomba tenaga kesehatan non asn teladan, lomba perayaan HUT RI terbaik tingkat puskesmas, lomba video Tiktok Hari Kesehatan Nasional, Lomba senam sehat bugar, penilaian rapor puskesmas terbaik, dan juga lomba balita sehat. Besar harapan kami dan harapan kita semua bahwa, mudah-mudahan dengan kegiatan yang kita laksanakan dalam peringatan HKN ke 58 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat negeriku” pada tahun ini dapat mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat.

Selanjutnya, Kegiatan Puncak HKN ini dibuka secara resmi oleh Bakri Siddiq Selaku PJ Walikota Banda Aceh yang dalam sambutannya mengatakan bahwa ada beberapa pencapaian yang harus ditingkatkan, khususnya SDM yang mumpuni karena Banda Aceh berada digarda terdepan dengan indeks harapan hidup tertinggi di Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh mendapatkan presentase indeks harapan hidup sebesar 71,4%, sementara Provinsi Aceh Berada di Angka 69,9% secara Nasional. Indeks harapan hidup ini menjadi sangat penting karena mencerminkan keberhasilan pembangunan dalam sektor kesehatan. Bakri Siddiq juga memberikan catatan khusus terkait capaian Imunisasi yang lengkap yang masih terbilang rendah di Banda Aceh. “Angkanya masih sekitar 36 persen, dan kita berada di posisi tersebut saat ini di Aceh. Untuk itu, saya seluruh jajaran dan pemangku kepentingan terkait untuk bergerak cepat meningkatkan jangkauan kerja lengkap generasi masa depan yang lebih sehat, dan selanjutnya terkait capaian dalam menurunkan angka stunting, tiga bulan terakhir Banda Aceh sukses menurunkan angka stunting. “Dari 18,2% kini turun menjadi 7,4% saja, Bakri Siddiq selaku PJ walikota Banda Aceh mengucapkan terima kasih atas kerja keras para tenaga kesehatan dan dukungan dari masyarakat atas prestasi tersebut.

Selanjutnya, Perayaan HKN ke 58 ini juga ada seremoni pembagian hadiah kepada para juara lomba balita sehat, tenaga kesehatan teladan, tenaga kesehatan Non ASN teladan, Senam sehat bugar, Penilaian Kerja pintar puskesmas (Rapor), dan gerak jalan sehat yang digelar beberapa waktu lalu .