Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Selasa, 19 Februari 2018 Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Workshop Audit Internal dan Tinjauan Manajemen, akreditasi Puskesmas di Hotel Arabia Peunayong, Banda Aceh. Kegiatan dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Warqah Helmi. Dalam sambutannya dr. Warqah Helmi memaparkan fungsi Puskesmas saat ini lebih ditekankan kepada kegiatan promotive dan preventive.

Pada acara tersebut Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh turut menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan dr. T. Marwan Nusry, MPH. yang merupakan mantan kepala Dinas Kesehatan Aceh. Beliau menjelaskan bahwa akreditsi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi/komisi akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan kepada FKTP setelah memenuhi standar akreditasi, hal ini berlaku untuk Puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, tempat praktik mandiri dokter gigi,tempat praktik lain (Universitas, SMA, RS).

Lebih jelasnya dr. T. Marwan Nusry, MPH. menyampaikan tujuan dari akreditsi adalah

  • Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien (patient safety)
  • Meningkatkan perlindungan bagi SDM kesehatan, masyarakat di lingkungan puskesmas
  • Meningkatkan kinerja FKTP pelayanan kesehatan masyarakat(UKP, UKM, Admen)

Beliau juga menekankan bahwa Puskesmas tidak perlu takut dengan akreditasi, dan hal tersebut bukan untuk menambah beban, tetapi berguna untuk memperbaiki tata kelola yang kurang standar menjadi sesuai standar, meningkatkan mutu, mengurangi resiko/bahaya, dan tentunya untuk memuaskan pelanggan.

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh telah melakukan akreditasi Puskesmas sebanyak 1 Puskesmas di tahun 2016, 3 Puskesmas ditahun 2017, 6 Puskesmas ditahun 2018, dan akan melakukan akreditasi 1 Puskesmas lagi ditahun 2019.