Sekda Aceh Kunjungi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh

Kamis (10/10/2019) – Dalam rangka percepatan program Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH), Stunting dan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), Sekretaris Daerah Aceh dr. Taqwallah, M.Kes. mengunjungi Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, Dirut RSUD Meuraxa,  Camat, Kepala Puskesmas dari 9 kecamatan, dan tenaga kesehatan di wilayah kerja Kota Banda Aceh.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Aceh

Dalam kesempatan tersebut Taqwallah mengajak para ASN yang berasal dari Pemerintah Kota Banda Aceh untuk turut menyukseskan program BEREH. “Mari bersama kita jaga  lingkungan kerja kita selalu  rapi dan bersih sehingga masyarakat merasa nyaman saat mengunjungi perkantoran, terutama fasilitas  pelayanan kesehatan , masyarakat adalah raja, ASN adalah pelayan masyarakat dan sudah seharusnya saat mereka datang ke rumah sakit atau puskesmas, kamarnya rapi dan toiletnya bersih.’’ Tuturnya.

Tenaga kesehatan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan secara optimal dengan rasa sabar, komunikatif dan memiliki cita rasa dalam memberikan pelayanan kepada  masyarakat.

Taqwallah juga mengingatkan pentingnya penangan stunting di Aceh khususnya di Kota Banda Aceh. Puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan dari pemerintah dan bidan desa sebagai layanan terdekat dengan masyarakat memegang peranan penting dalam penanggulangan stunting .  Tugas pokok bidan desa adalah mendata ibu hamil kemudian memeriksa minimal 4 kali. Kemudian saat bayi lahir bidan harus bisa memastikan bayi mendapat Inisiasi Menyusui Dini, ASI ekslusif, dan kepada ibu pasca persalinan juga diberi pemahaman agar pentingnya menjaga asupan gizi yang cukup agar bayi dapat terhindar dari stunting, kata Sekda Aceh Taqwallah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Warqah Helmi meminta audiens untuk mengambil undian
Foto bersama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan RSUD Meuraxa