Kadinkes Kota Banda Aceh Ajak Masyarakat Antisipasi Corona dengan PHBS

Pemerintah Kota Banda Aceh mengantisipasi penyebaran virus corona yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dr. Quratul Aini dalam program Ayo Sehat yang disiarkan langsung oleh TVRI Aceh, Selasa (11/02/2020). Dalam kesempatan tersebut dr. Quratul mengatakan kita dapat menerapkan pola hidup sehat (PHBS) dalam keseharian kita, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, melakukan aktivitas fisik tentunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Banyak masyarakat Kota Banda Aceh yang khawatir akan virus yang telah menewaskan lebih dari 1000 orang ini, dr. Quratul sendiri memastikan untuk daerah Aceh khususnya Kota Banda Aceh belum ada yang terjangkit virus corona. Dan apabila nantinya ada masyarakat Kota Banda Aceh yang terjangkit virus corona Pemerintah Aceh telah menyiapkan Rumah Sakit Zainoel Abidin di Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Mutia di Aceh Utara sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan kasus corona. Disana nantinya akan ada sarana dan prasarana yang memadai untuk menangani corona seperti tempat tidur penjemput pasien, ruang isolasi, dan tenaga kesehatan yang sudah terlatih.

dr. Quratul menjadi narasumber program Ayo Sehat TVRI Aceh

Apabila ditemukan anggota keluarga atau orang terdekat kita yang demam tinggi, flu, batuk, dan sakit tenggorokan yang gejalanya sama dengan pengidap corona, dr. Quratul menyarankan untuk upaya pencegahan penularan seperti menggunakan masker, membatasi kontak langsung dengan pasien, tidak menggunakan piring dan tempat makan yang sama, dan yang paling penting segera membawa ke pusat layanan kesehatan terdekat dalam hal ini adalah Puskesmas untuk memastikan apakah orang tersebut benar terinfeksi corona atau demam biasa.