UNICEF Dukung Pemerintah Kota Banda Aceh Respon COVID-19

Banda Aceh, 11 Mei 2020 – UNICEF Perwakilan Aceh menyerahkan alat dan bahan disinfeksi beserta sabun secara simbolis kepada Pemerintah Kota (pemkot) Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam rangka mendukung pemkot Banda Aceh dalam upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di bidang air, sanitasi dan hygiene.

Kegiatan serah terima tersebut dilakukan setelah rapat koordinasi antara Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan sejumlah jajarannya bersama beberapa staf kantor perwakilan UNICEF Aceh dan mitra lokal pelaksana yakni Yayasan Aceh Hijau. Dalam kesempatan itu disampaikan bahwa dukungan UNICEF ke pemkot Banda Aceh tersebut merupakan bagian dari dukungan ke Pemerintah Aceh yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan dan keberlanjutan layanan air, sanitasi dan hygiene di masa pandemi dan pencegahan serta pengendalian infeksi COVID19 di fasilitas kesehatan, pendidikan dan tempat-tempat umum berisiko hingga di rumah tangga rentan.

Secara lengkap disampaikan bahwa dukungan ini terdiri dari dukungan teknis, material hingga pembiayaan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  1. Kegiatan penyemprotan disinfeksi ke fasilitas-fasilitas layanan kesehatan, panti sosial, pendidikan dan tempat ibadah.
  2. Pemasangan 70 sarana CTPS di fasilitas kesehatan, panti sosial, dayah/pesantren dan masjid.
  3. Bantuan 37 alat dan bahan disinfeksi kepada pihak gugus tugas COVID-19 kecamatan atau masjid yang bersedia melakukan penyemprotan mandiri di wilayahnya.
  4. Kegiatan promosi hygiene pencegahan COVID-19 di tempat-tempat umum, fasilitas pendidikan, gampong-gampong, posyandu hingga rumah tangga.
  5. Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan lingkungan dan promosi kesehatan dalam upaya-upaya terkait pencegahan dan tanggap darurat COVID-19.

Sebagai tanggapan Plt Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, dr Media Yulizar, MPH. menyambut baik dukungan UNICEF ini dan berharap kemitraan dan kolaborasi dengan UNICEF dan Yayasan Aceh Hijau dengan Dinas Kesehatan Banda Aceh sejak awal Mei hingga akhir Juli 2020 nanti dapat memperkuat kapasitas Pemkot Banda Aceh dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19. Beliau juga memberi arahan agar dukungan ini dapat segera di koordinasikan dengan Gugus Tugas Kota, pihak kecamatan dan gampong untuk mendapatkan target pemanfaat yang benar-benar membutuhkan dan sesuai kriteria yang di sepakati bersama.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
WASH Officer UNICEF Banda Aceh, Muhammad Kurniawan, HP: 081221111537
Email: mkurniawan@unicef.org