Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Peringati HKN ke 56

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 yang diselenggarakan di Aula Gedung ITLC pada Selasa (17/11) dan dibuka oleh walikota Banda Aceh Aminullah Usman.

HKN yang diperingati setiap 12 November ini disemarakkan dengan mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRK Usman, Sekda Muzakir Tulot, Kadis Kesehatan Lukman para Kepala SKPK, Camat, Kepala Puskesmas, dan para keuchik perwakilan dari tiap kecamatan.

Dalam perayaan HKN ke 56 ini, Aminullah membagikan berbagai hadiah kepada para pemenang, seperti lomba balita sehat, lomba kawasan tanpa rokok, rapor Puskesmas penggunaan dana sesuai out put dan realisasi, lomba Gampong Sehat Gemilang (GSG) dan tenaga kesehatan teladan Puskesmas.

Dalam kesempatan yang sama, wali kota juga menyerahkan penghargaan dari kementerian untuk dua tokoh Banda Aceh, yakni Amiruddin Usman Daroy sebagai Natural Leader Terbaik, dan Tgk Mulyadi M Daud sebagai Kepala Desa Terbaik Kabupaten/Kota.

Selain itu, wali kota bersama Wakil Ketua DPRK Usman, Sekda Muzakir Tulot, Kadis Kesehatan Lukman dan para Kepala SKPK juga berkesempatan menyerahkan bantuan paket persalinan untuk ibu-ibu dalam wilayah Kota Banda Aceh. “Kita serahkan bantuan paket ini secara simbolis kepada 10 orang. Selanjutnya yang lain dapat mengambil ke Dinas Kesehatan. Ini merupakan program yang kami janjikan saat kampanye dulu. Harapannya dapat meringankan beban warga kita saat melahirkan,” ujar wali kota.

Pada peringatan HKN ke-56 ini, Dinas Kesehatan merekrut ratusan abang becak untuk ikut menyosialisasikan prokes ke tengah-tengah masyarakat. Wali kota menyerahkan secara simbolis tudung atau penutup atap penumpang yang telah didesain dengan imbauan dan poin-poin protokol kesehatan. Harapannya akan menjadi media edukasi dalam mencegah penyebaran virus corona.

 

Dalam sambutannya, bertepatan dengan HKN ke-56 ini, wali kota mengungkapkan angka kesembuhan Covid-19 di Banda Aceh sangat menggembirakan. Sejak September dimana Perwal Nomor 51 Tahun 2020 mulai diberlakukan, hingga saat ini angka penyebaran virus corona menurun drastis.

“Bahkan dalam dua hari terakhir, kasus positif covid nihil,” ungkap Aminullah yang dalam kesempatan ini didampingi Kadis Kesehatan Banda Aceh, Lukman.

Ia juga menyebutkan, di Hari Kesehatan Nasional ini, masyarakat dapat mendukung pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Karena sekuat apapun upaya pemerintah, tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.