Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lakukan Pelayanan Kesehatan di Dayah

Banda Aceh – Dalam rangka pemenuhan protokol kesehatan dan penerapan dayah bersih dan sehat di lingkungan pemerintah Kota Banda Aceh. Dinas Kesehatan melakukan pelayanan kesehatan anatara lain pemeriksaan kesehatan berkala bagi santri dan guru di dayah, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan hygiene dan sanitasi lingkungan dayah.

Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh Alizar Usman, S,Ag,M.Hum., mengatakan sinergisitas program Disdik Dayah dan Dinkes Kota Banda Aceh merupakan langkah terobosan yang positif guna meningkatkan kesehatan dilingkungan dayah.

Sementara itu Kepala Dinkes Kota Banda Aceh Lukman, SKM,M.Kes melalui Kabid Kesmas, Saifuddin Malik, SKM., mengatakan ini merupakan salah satu dari 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bagi upaya menjaga dan memelihara kesehatan warga santri dan sekolah agar tetap sehat.

Program pelayanan kesehatan di sekolah dan dayah ini dilaksanakan secara reguler oleh Puskesmas melalui program usaha kesehatan sekolah/dayah (UKS/D) dengan strategi kunjungan ke sekolah/dayah yang berada di wilayah kerja Puskesmas. Upaya kesehatan ini berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan fisik, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan dan sanitasi  dayah dan penyuluhan kesehatan serta konsultasi kesehatan.

Sehingga diharapkan, upaya ini dapat meningkatkan semangat para santri dan pengelola dayah dalam memahami pentingnya menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan pada akhirnya akan terbentuk kebiasaan pola hidup sehat dikalangan santri dan lingkungan dayah. Dinkes Kota melalui UPTD Puskesmas telah membuat jadwal secara periodik (sebulan sekali) guna memastikan santri dayah tetap sehat. Dinkes Kota Banda Aceh akan senantiasa bersinergi dengan Disdik Dayah dalam menjalankan program pelayanan Usaha Kesehatan Dayah (UKD).

Petugas Puskesmas sedang memberikan pelayanan kesehatan kepada santri