Pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Banda Aceh – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di halaman Masjid Raya Baiturrahman pada hari ini, Selasa (30/3). Program Vaksinasi Covid-19 secara massal yang pertama ini dilaksanakan di Aceh ini merupakan kerja sama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh. Vaksinasi ini menyasar tiga ribu orang, seperti pelayan publik, kelompok lanjut usia, dan kelompok rentan lainnya.

Kegiatan vaksinisasi tersebut turut dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kajati Muhammad Yusuf, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan kegiatan vaksinasi massal bertujuan agar masyarakat mendapat akses vaksin lebih mudah dan cepat. Dia berharap vaksinasi massal juga dikembangkan di kabupaten-kota se Aceh.

“Kegiatan ini bertujuan, agar masyarakat mendapat akses lebih mudah dan lebih cepat menerima vaksin. Target kita, insyaAllah akan ada 3.000 warga Aceh yang menerima vaksin pada hari ini,” ujar Nova.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman mengatakan, Pemko Banda Aceh turut membantu kegiatan vaksinasi massal dengan mengikutsertakan 3 Puskesmas.

“Kita ikutsertakan 3 Puskesmas pada kegiatan vaksinasi massal hari ini, yaitu Puskesmas Kuta Alam, Banda Raya, dan Lampulo”, ungkapya.

Lukman juga menjelaskan mekanisme pelaksanaan vaksinasi massal sama seperti vaksinasi Covid-19 di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

“Mekanismenya peserta vaksinasi diminta memperlihatkan identitasnya atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas di meja pendaftaran. Kemudian peserta vaksinasi dilakukan skrining untuk melihat riwayat penyakit yang diderita, sekaligus cek suhu badan. Apabila layak, maka akan disuntik vaksin Covid-19”, terangnya.

“Apabila tidak berkesempatan dilayani di Masjid Raya Baiturrahman, vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan di sarana kesehatan terdekat, seperti Puskesmas, klinik kesehatan, dan rumah sakit,” tutup Lukman.

Tenaga kesehatan menyutikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Masjid Raya Baiturrahman