Banda Aceh Targetkan Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2021

Kota Banda Aceh targetkan raih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Kategori Wiwerda Tahun 2021. Sebelumnya, Kota Banda Aceh sudah pernah meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa (Kategori Taraf Pemantapan) dari Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2019.

Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI dan Menteri Dalam Negeri RI kepada Wali Kota Banda Aceh melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh pada tahun 2019 lalu.

“Kota Banda Aceh sudah pernah meraih Penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa atau Tatanan Pemantapan. Tentu kita sangat berharap pada tahun ini naik tingkat ke Tatatan Wiwerda”, ujar Lukman, SKM., M.Kes., Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, untuk Kabupaten/Kota Sehat. Adapun tingkat penghargaan ini terbagi dalam tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara).

Sektor yang mendukung dalam tatanan kota sehat adalah kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan  pangan dan gizi dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

Dijelaskan Lukman, tahun 2021 Kota Banda Aceh akan fokus pada tatanan kawasan pariwisata sehat.

“Kita sudah lakukan pertemuan dengan Tim Pembina KKS, hasil rapat kita pilih kawasan pariwisata sehat”, ujarnya.

Sebelumnya Dinkes Kota Banda Aceh mengikuti pertemuan dengan Tim Pembina KKS (Kabupaten Kota Sehat) guna membahas tatanan yang akan diikuti dalam kegiatan Kota Sehat Swasti Saba Kategori Wiwerda Tahun 2021 di Aula Bappeda Kota Banda Aceh. Dalam pertemuan tersebut turut hadir Tim Pembina KKS dari SKPD lain seperti Bappeda, Dispar, Dishub, dan DP3AP2KB Kota Banda Aceh.