DINKES KOTA BANDA ACEH BERI PEMBEKALAN PKL MANAGEMEN PELAYANAN GIZI MASYARAKAT (MPGM) BAGI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES ACEH

Banda Aceh –Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh kembali menerima Praktik Kerja Lapangan Managemen Pelayanan Gizi Masyarakat (MPGM) prodi DIII Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh yang akan menjalani praktik di 4 puskesmas periode 19-24 Maret 2021. Praktik MPGM periode ini diikuti oleh 8 orang mahasiswa yang akan melakukan praktik di 4 puskesmas dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Sebelum para mahasiswa yang akan mengikuti praktik lapangan di Puskesmas,  Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) terlebih dahulu memberikan materi pembekalan agar Praktik Kerja Lapangan Managemen Pelayanan Gizi Masyarakat (MPGM) ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana diharapkan. Adapun materi pembekalan yang disampaikan oleh Kabid SDK dr. Nuraihan, MKM di dalamnya mencakup ketentuan umum peserta, peraturan tata tertib di Puskesmas, peraturan khusus pelaksanaan praktek dalam masa pandemi Covid-19, Indikator Kinerja Gizi Masyarakat Tahun 2020-2024 , indikator penilaian gagal/ketidaklulusan praktek, serta profil masing-masing Puskesmas yang akan menjadi tempat penempatan peserta praktik lapangan.

Untuk menghindari kerumunan dan lebih efektif materi pembekalan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting, dr. Nuraihan mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti Praktik Kerja Lapangan Managemen Pelayanan Gizi Masyarakat (MPGM) agar nantinya dapat menjadi bagian dari barisan pemerintah dalam mempromosikan program kesehatan yg ada di Puskesmas, serta menjadi tenaga profesional yang siap kerja dan siap pakai dan bisa menyandingkan serta menyeimbangkan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan dengan kondisi dilapangan.

Dalam pemaparannya dr. Nuraihan juga mengingatkan kepada seluruh Mahasiswa peserta pembekalan untuk dapat menjadi tenaga profesi yang siap tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan individu, tapi juga komunitas publik.