Hari Ini, Plaza Aceh Jadi Target Sasaran Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan

Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh yang berada di gampong Beurawe, Plaza Aceh, hari ini (30 April 2021) didatangi  tim Dinas Kesehatan dan BPBD Kota Banda Aceh dalam rangka memberikan penyuluhan, sosialisasi tentang penerapan disiplin menggunakan masker.

Saat dilaksanakan kegiatan tersebut tim menemukan banyak pengunjung yang tidak menggunakan masker, terjadi kerumunan orang-orang dalam melakukan transaksi jual beli.

Hal ini sangat mengkhawatirkan dan tentu akan mempermudah terjadinya transmisi penularan Covid -19. Dalam sosialisasi tersebut tim menjelaskan kepada pengunjung pentingnya menerapkan protokol kesehatan melalui 5M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dan kepada pihak manajemen juga diminta untuk melihat dan menginformasikan kepada pengunjung baik melalui pengeras suara maupun face to face tentang selalu menggunakan masker dan mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan di Plaza Aceh. Sehingga dengan demikian, para pengunjung dapat dengan nyaman berbelanja melakukan transaksi jual beli dengan nyaman dana aman.

Tim Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Puskesmas Kuta Alam yang dipimpin langsung oleh Bungsu Riana, SKM., M.Kes dan Ernora, SST serta dari BPBD Sabri, S.Sos langsung melakukan dialog dan berinteraksi dengan pengunjung Plaza Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM.,M.Kes telah menetapkan jadwal sosialisasi dan penyuluhan protokol kesehatan dari tim Dinkes selama 6 bulan kedepan sebagai upaya untuk menekan, menurunkan tren kasus Covid-19 di Banda Aceh.

Adapun lokasi yang dijadikan sasaran prokes adalah tempat-tempat fasilitas umum berupa destinasi wisata, tempat-tempat keramaaian seperti tempat-tempat umum, café, warung kopi, pasar, mall- mall atau pusat perbelanjaan.

“Kita mengetahui saat ini adalah bulan Ramadhan, dimana banyak aktifitas perbelanjaan warga kota, sehingga tentu akan memunculkan banyak kerumunan. Kami berharap aktifitas warga kota tersebut tetap dilaksanakan, namun harus sesuai protokol kesehatan yaitu warga menggunakan masker ketika pergi kepasar, mencuci tangan baik sebelum dan sepulangnya dari pasar, serta menjaga jarak yang cukup ketika berada di tengah- tengah kerumunan pasar.

Sementara itu, Sabri, S.Sos dari tim BPBD Kota Banda Aceh mengungkapkan,  “kami sangat bergembira bisa bekerjasama dengan tim Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikan prokes kepada masyarakat dan kami selalu mendukung kegiatan yang dilakukan Dinas kesehatan dan berdoa semoga Covid-19 ini cepat berlalu”.