Dinkes Kota Banda Aceh Sosialisasikan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) ke Kecamatan Kuta Alam

Banda Aceh – Vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (Lansia) merupakan hal yang sangat penting mengingat lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar oleh pandemi ini. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia yang hingga saat ini masih relative rendah persentasenya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kota Banda Aceh Saifuddin Malik, SKM saat mensosialisasikan kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di Kantor Camat Kuta Alam, pada Rabu (9/6).

“Saat ini stok vaksin Covid-19 terbatas. Ada beberapa kelompok yang menjadi prioritas seperti nakes, pelayan public, dan juga lansia”, ujarnya.

Mereka yang berusia lanjut atau berusia 60 tahun ke atas memiliki sistem imun yang lemah, sehingga rentan terhadap penularan Covid 19. Selain itu mereka adalah golongan usia yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid antara lain hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit ginjal kronis.

Sementar itu Camat Kuta Alam Reza Kamilin, S. STP., dalam sambutannya mengaku dirinya awalnya ragu dengan vaksin yang diberikan.

“Saya awalnya sempat ragu Bapak/Ibu saat diminta di vaksin”, terangnya

Reza mengungkapkan tolak ukur kepercayaan dirinya untuk divaksin adalah nakes dan dikeluarkannya fatwa dari MUI serta BBPOM.

“Setelah saya melihat nakes yg divaksin sehat-sehat saja dan juga BPPOM dan MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin aman dan suci, maka tidak ada alasan lagi bagi saya pribadi untuk tidak di vaksin”, ujarnya.

Dinas Kesehatan selama 8-9 Juni telah melakukan sosialisasi Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) di 9 kecamatan di Banda Aceh. Puncak kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) akan diselenggarakan Kamis (10 Juni 2021) di PLTD Apung, Punge Blang Cut.