Kota Banda Aceh Terima 4.760 Dosis Vaksin Moderna

Banda Aceh – Pemerintah Aceh telah mendistribusikan sebanyak 340 Vial atau 4.760 dosis vaksin Moderna ke Pemerintah Kota Banda Aceh. Saat ini vaksin tersebut sudah tiba di gudang penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Kamis (5/08/2021). Vaksin ini dikhususkan untuk tenaga kesehatan sebagai dosis ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes mengatakan, vaksin tersebut akan disuntikkan untuk para tenaga kesehatan sebagai booster atau vaksinasi dosis ketiga.

“Vaksin Moderna diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang bekerja di tempat pelayanan kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua Sinovac minimal 3 bulan sebelum nantinya vaksinasi dosis ketiga”, ujarnya.

Menurut Lukman, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19 membutuhkan imunitas yang kuat. Apalagi saat ini ada banyak macam Covid-19 varian baru dengan penularan tinggi.

“Untuk pelaksanaan penyuntikannya akan dilaksanakan mulai minggu kedua bulan Agustus ini”, ungkapnya.

Saat ini setiap rumah sakit rujukan Covid-19 dan Puskesmas di Kota Banda Aceh sudah diminta menyiapkan cold chain guna menyimpan vaksin booster sebelum disuntikkan kepada para tenaga kesehatan.

Selain Moderna, Pemko Banda Aceh juga kembali menerima 7.500 dosis vaksin merek Sinovac. Vaksin Sinovac tersebut nantinya diperuntukkan bagi masyarakat rentan, remaja 12-17 tahun, lansia, ibu hamil, dan masyarakat umum guna mempercepat capaian vaksinasi di Kota Banda Aceh.