Upayakan Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi, Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Resmikan RGG di Peunyerat

Banda Aceh – Ketua TP PKK Kota Banda Aceh, Hj. Nurmiati, AR meresmikan beroperasinya Rumoh Gizi Gampong (RGG) di gampong Peunyerat Kecamatan Banda Raya pada Senin (16/08/2020).

Sebelumnya, Kecamatan Banda Raya dibawah pimpinan Ferdian Faisal, S.STP., M.Si juga telah meresmikan RGG di gampong Lamlagang, dengan ini Kecamatan Banda Raya sudah memiliki dua wadah RGG yang siap mengimplementasikan Pergub No. 14 Tahun 2019 Tentang Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi.

Dalam sambutannya, Nurmiati berharap penyelenggaraan RGG di gampong Peunyerat dapat menjadi motivasi bagi gampong lain di wilayah Banda Raya untuk turut serta mewujudkan wadah RGG.

“Seperti kita ketahui bersama, Rumoh Gizi Gampong merupakan tempat layanan penyediaan makanan bergizi bagi balita dan ibu hamil di setiap gampong di Kota Banda Aceh”, jelasnya.

Mengingat besarnya manfaat RGG, Nurmiati juga mengajak lintas sektor, lembaga terkait, stakeholder dan masyarakat untuk mendukung program RGG.

“Upaya pencegahan dan penanganan stunting hendaknya dimulai dari kesadaran keluarga, terutama ibu-ibu untuk secara berkala melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Hal ini dapat dilakukan dengan cara rutin mengunjungi posyandu di gampong”, ungkapnya.

Sementara itu Keuchik Peunyerat T. Ismed Fadhilah, menyatakan siap mendukung terhadap intervensi masalah gizi, khusunys masalah gizi balita.

“Kita tentu berharap tidak ada lagi masalah gizi di Peunyerat terutama masalah stunting”, ujarnya.

Ismed menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengalokasikan sejumlah dana desa untuk upaya pelaksanaan intervensi gizi dan mengupayakan penambahan dana ditahun depan.

“ Tahun 2022 kita upayakan penambahan anggaran untuk memaksimalkan penyediaan menu dan operasional RGG yang lebih baik”, ungkapnya

Saat ini ada sejumlah 15 balita yang akan dilakukan intervensi di RGG Peunyerat.