Gempita ASA, Wujudkan Generasi Sehat Gemilang

Dinas Kesehatan Aceh bekerjasama dengan Unicef dan Ydua melaksanakan sosialisasi Gempita ASA dalam upaya melakukan skrining gizi buruk oleh keluarga, Kamis (2/09/2021) di aula Ibnu Sina, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual untuk kabupaten Aceh Jaya dan Sabang, sementara untuk kota Banda Aceh dilaksanakan secara tatap muka. Pertemuan ini menghadirkan peserta dari puskesmas yaitu TPG (Tenaga Pelaksana Gizi), promosi kesehatan, bidan koordinator dan bidan desa untuk gampong yang menjadi lokus uji coba Gempita ASA di Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Kasie Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Aceh, dr. Dara Juliana, dan dihadiri Kabid Kesmas Dinkes Kota Banda Aceh Saifuddin Malik, SKM, Kasie Kesga dan Gizi Dinkes Kota Banda Aceh Siti Fatimah, S.TP, serta narasumber dr. Aslinar, Sp.A dan dr. Tasya Pabhe.

Siti menjelaskan, kegiatan tersebut digelar guna memberikan sosialisasi tentang gambaran pelaksanaan Gempita ASA bagi keluarga yang memiliki balita di wilayah Kota Banda Aceh dengan melakukan uji coba di wilayah kerja puskesmas dengan 1 gampong lokus.

Sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan pembinaan kepada kader sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan dalam upaya melakukan skrining untuk menjaring gizi buruk dan gizi kurang yang ada di Kota Banda Aceh. Pertemuan tersebut berakhir dengan membuat kesepakatan jadwal orientasi Gempita ASA kepada kader gampong yang menjadi lokus pelaksanaan. Untuk Kota Banda Aceh kegiatan orientasi kader akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2021.