Percepat Capaian Vaksinasi, Pemko dan Polresta Banda Aceh Gelar Vaksinasi Merdeka

Banda Aceh – Pemko Banda Aceh dan Polresta menggelar “Vaksinasi Merdeka” yang dipusatkan di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (6/9/2021). Kegiatan yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia ini merupakan program Sinergi Staf Khusus Presiden bersama Kapolri dan Panglima TNI.

Pada kegiatan yang ditinjau langsung oleh Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, SH., MM, tersebut turut hadir wakil walikota Banda Aceh Zainal Arifin, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes mengungkapkan dipilihnya halaman Masjid Raya Baiturrahman sebagai lokasi vaksinasi dikarenakan tempatnya yang strategis, yaitu ditengah kota.

“Masjid Raya ini mudah dijangkau oleh masyarakat, baik dari Banda Aceh maupun warga kabupaten Aceh Besar yang mobilitasnya bekerja di Banda Aceh”, ujarnya

Saat ini Kota Banda Aceh menduduki peringkat tertinggi capaian vaksinasi se-Aceh dengan capaian 58,5 persen.

Lukman menjelaskan, saat ini masyarakat diberi pilihan untuk disuntik vaksin Sinovac atau Moderna. Khusus untuk vaksin moderna bagi masyarakat umum diperuntukkan bagi mereka yang belum pernah vaksin Covid-19 sama sekali.

“Kalau dia sudah vaksin pertama menggunakan Sinovac itu harus lanjut tahap kedua dengan Sinovac juga. Kecuali masyarakat yang memang belum divaksin boleh dipilih,” jelasnnya.

Sementara untuk dosis tahap kedua dan lanjut ke tahap ketiga dengan menggunakan vaksin jenis moderna khusus diperuntukan untuk tenaga kesehatan.

Kapolda Aceh saat Meninjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka

Sementara itu Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK mengatakan di samping Polresta, Polda Aceh juga melaksanakan Vaksinasi Merdeka pada 6 dan 7 September 2021 di dua wilayah lainnya, yakni di Lhokseumawe dan Bener Meriah.

“Vaksinasi Medeka di Banda Aceh kami pusatkan di halaman Masjid Raya Baiturrahman selama dua hari tanggal 6 dan 7 September 2021. Kami harapkan dukungan masyarakat yang belum vaksin, silakan datang ke lokasi,” harap Kapolresta.

Tujuan vaksinasi sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran dan penularan virus Covid-19, di samping meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Oleh karena itu, Kapolresta mengajak partisipasi semua pihak dan semua elemen untuk bersama-sama memiliki tanggung jawab mencegah dan meminimalisir penularan virus corona, salah satu caranya dengan melaksanakan vaksin.