Launching Rumoh Gizi Gampong (RGG) Lhong Cut

Banda Aceh – Camat Banda Raya Faidian Faisal, S.STP. M.Si, kembali melakukan launching Rumoh Gizi Gampong (RGG) pada Kamis (9/9/2021). Setelah sebelumnya gampong Peunyerat, Lampeuot, Lamlagang, Geuceu Komplek, dan Geuceu Kayee Jato, kini gampong Lhong Cut juga ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan stunting melalui RGG.

Faidian mengatakan Rumoh Gizi Gampong (RGG) merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa/gampong dalam upaya sadar gizi dan pencegahan stunting.

“Kegiatan ini adalah langkah pemerintah dalam mendeteksi bila ada yang bermasalah dengan gizi,” ungkapnya.

Dengan adanya RGG ini Camat Banda Raya berharap setiap lapisan masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai tempat konsultasi berbagai masalah kesehatan terutama tentang makanan bergizi dan kesehatan ibu dan anak.

“Kepada semua lapisan masyarakat yang ada di Lhong Cut kita harapkan RGG ini untuk dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin agar tercapainya kesehatan masyarakat yang optimal,” ujarnya.

Pada kegiatan launching yang diselenggarakan di Aula Serba Guna gampong Lhong Cut tersebut juga dihadiri Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Saifuddin Malik, SKM.

Dihadapan para kader yang hadir, Saifuddin mengungkapkan pentingnya cuci tangan pakai sabun guna mencegah stunting.

Dalam mencuci tangan ada beberapa langkah yang harus dipahami masyarakat, diantaranya mencuci di air yang mengalir, menggunakan sabun, serta menggosok telapak tangan, sela-sela jari, dan membilas sampai bersih. 

“Dengan membiasakan mencuci tangan bagi ibu hamil sebelum beraktivitas seperti konsumsi makanan, dan lainnya dapat meminimalisir masuknya virus ke tubuh ibu hamil,” ungkapnya.