Pelajar SMP Negeri 12 Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Banda Aceh – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banda Aceh mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Secara bergiliran antar sekolah, mereka divaksinasi petugas dari Puskesmas.

Kamis (30/09/2021), di SMP Negeri 12 Banda Aceh, vaksinasi dilaksanakan dengan cara bergiliran agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan. Vaksinasi tersebut juga mendapat dukungan para orang tua siswa.

Sebelum vaksinasi, para siswa dibekali kiat-kiat mencegah Covid-19 yang dapat dilakukan dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dalam aktivitas sehari-hari yang disampaikan oleh tim penyuluh Dinkes Kota Banda Aceh. 

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Banda Aceh, Syukriah, SKM,MKM mengungkapkan, GERMAS merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan para siswa untuk melindungi diri dan lingkungannya dari Covid-19.

“Mulai dari makan makanan bergizi, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, menjaga kebersihan, serta rutin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir merupakan langkah sederhana yang dapat dilakukan para siswa guna meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak tertular Covid-19”, ujarnya.

Syukriah berharap, perlu edukasi dan sosialisasi kepada orang tua murid akan pentingnya melakukan vaksinasi guna mempercepat kekebalan kelompok di sekolah.

Setelah mendengarkan penyuluhan, para siswa secara bergiliran melakukan pendaftaran, skrining, dan melakukan vaksinasi yang digelar tim vaksinator Puskesmas Lampaseh Kota.