Kota Banda Aceh Raih 2 Penghargaan STBM Award 2021 dari Kementerian Kesehatan

Banda Aceh – Kota Banda Aceh berhasil meraih dua penghargaan di tingkat nasional yaitu Kota STBM Berkelanjutan dan Kota Terbaik dalam Percepatan 100 Persen Lima Pilar STBM Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan RI.

Momentum pemberian penghargaan STBM ini diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang digelar secara daring, Jumat (15/10/2021) yang diumumkan secara virtual.

Sementara itu, piagam STBM Award diserahkan langsung oleh Direktur Kesehatan Lingkungan, Ditjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI R Vensya Sitohang kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Royal Kuningan Hotel, Jakarta.

Aminullah pun mengucap syukur atas penghargaan bergengsi tersebut. “Alhamdulillah, walau di tengah pandemi Covid-19, kita mampu tetap berprestasi. Dan insyaallah, Banda Aceh akan terus menjadi rujukan/contoh bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia, dalam berbagai bidang,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan suatu daerah dalam mengubah perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakatnya. “Salah satunya dengan melahirkan inovasi-inovasi berbasis lima pilar STBM: Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum/Makanan, Pengelolaan Sampah, dan Pengelolaan Limbah Cair.”

Capaian penghargaan ini juga merupakan peningkatan dari penghargaan yang diterima Kota Banda Aceh dari Kementerian Kesehatan RI di tahun 2018 yaitu Kota yang berhasil mendeklarasikan 100 persen salah satu pilar STBM, pilar Stop Buang Air Besar Sembarang (BABS).

Tujuan dari Program STBM adalah mewujudkan perilaku masyarakat yang hygienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Penganugerahan STBM Award 2021 dirangkai dengan pemecahan Rekor MURI untuk Cuci Tangan Pake Sabun secara daring di lokasi terbanyak. Dari Banda Aceh, Wakil Wali Kota Zainal Arifin bersama Kadinkes Lukman, Kadis Perkim Rosdi, dan sejumlah pejabat terkait turut mengikuti acara secara virtual dari balai kota.