Peringati Hari Lanjut Usia Nasional Ke-26, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Gelar Senam Lansia

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 tahun 2022, kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelaksanaan senam lansia yang dilakukan ditiap kecamatan di Kota Banda Aceh.

Seperti yang dilakukan di kecamatan Baiturrahman, Minggu (29/05). Para lansia tampak antusias melakukan senam jantung sehat yang digelar di halaman Oditurat Militer I-01, Sukadamai, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes, melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Syukriah, SKM, MKM mengungkapkan bahwa salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap 29 Mei tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhargaan terhadap orang lanjut usia atau lansia.

“Lansia merupakan usia yang luar biasa, oleh karena itu Pemko Banda Aceh akan terus berupaya memperhatikan segala aspek kebutuhan para lansia, termasuk memberikan fasilitas yang mendukung aktivitas fisik bagi lansia,” ujarnya.

Usai melaksanakan senam, petugas promosi kesehatan turut serta mengedukasi pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi para lansia.

Syukriah menambahkan, selain senam para lansia juga dapat mengikuti posyandu lansia yang diselenggarakan sebulan sekali bekerja sama dengan puskesmas.

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tangal 29 Mei 1996 di Semarang.