Puskesmas Kopelma Darussalam Lakukan Rapid Test Covid-19

Banda Aceh – Petugas kesehatan dari Puskesmas Kopelma Darussalam bersama pihak Dinas Kesehatan Aceh melakukan rapid test atas tiga Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 serta keluarga para ODP tersebut. Proses rapid test tersebut dipantau langsung Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Dyah Erti Idawati.

Dyah mengatakan, rapid test yang dilakukan pihaknya dalam dua hari terakhir ini diharapkan bisa memecahkan fenomena gunung es, di mana pemerintah mencoba menerapkan sistem jemput bola: mengundang ODP untuk tes, dan melakukan tes pada Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berkumpul di tempat publik. Dyah mengimbau masyarakat Aceh untuk mematuhi anjuran pemerintah yaitu sosial dan psycal distancing. Di mana, dengan itu rantai penyebaran virus dapat dipangkas.

Kepala Puskesmas Kopelma Darussalam, dr. Amalia, menyebutkan hingga Senin sudah ada 36 ODP yang ditangani oleh Puskesmas Kopelma Darussalam. Tiga di antara mereka masih dalam pemantauan, sementara 33 lainnya telah selesai masa pemantauan. Selain ODP COVID-19 beserta keluarga mereka, petugas kesehatan di Puskesmas Kopelma Darussalam juga melakukan rapid test terhadap dua orang yang dilaporkan pernah berkontak erat dengan mahasiswa Malaysia yang dinyatakan positif COVID-19 usai pulang dari Aceh.