Posyandu di Banda Aceh Mulai Beroperasi

Setelah beberapa bulan ditiadakan akibat pandemi covid-19, kegiatan Posyandu mulai dijalankan kembali. Dinas Kesehatan Aceh bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Saka Bakti Husada Aceh meninjau secara langsung pelaksanaan Posyandu di Posyandu Harapan Bangsa Gampong Peuniti, Senin (08/06/2020).

Dalam kesempatan tersebut Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Aceh Suwarni, SKM, MPH menjelaskan bahwa Posyandu harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru atau yang lebih dikenal dengan new normal.

Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Ibu Suwarni kepada kader Posyandu yang diharapkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat terutama yang berkunjung ke Posyandu diantaranya :

  1. Jika sedang flu sebaiknya dirumah saja
  2. Sedia handsanitizer kemanapun kita keluar rumah
  3. Tetap menggunakan masker saat berpergian
  4. Tidak bersalaman
  5. Tetap menjaga jarak
  6. Lansia sebaiknya dirumah saja jika tidak ada keperluan
  7. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  8. Setibanya dirumah langsung mandi

“Pelaksanaan Posyandu harus sesuai dengan protokol kesehatan”, ujar beliau.

Berbeda dengan pelaksaan Posyandu sebelum covid-19, untuk sekarang setiap pengunjung diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu, dan kader tidak akan melayani pengunjung, baik orang tua maupun balita yang tidak menggunakan masker. Untuk pelayanan tiap mejanya juga dikondisikan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu berjarak 1,5 meter tiap mejanya.