Antisipasi Penyebaran Covid-19, Dinkes Kota Banda Aceh Akan Aktif Sosialisasikan Cuci Tangan Pakai Sabun

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS), dimana CTPS ini merupakan perilaku hidup sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit, salah satunya adalah Covid-19.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh berkerja sama dengan mitra UNICEF yaitu Yayasan Aceh Hijau mengadakan pelatihan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Aula Ibnu Sina, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Kamis (12/06/2020).

Pelatihan yang dihadiri oleh tenaga promosi kesehatan (Promkes) dari 11 Puskesmas yang ada di Banda Aceh ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga Promkes sebelum nantinya akan diturunkan ke masyarakat untuk melakukan penyuluhan akan pentingnya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

WASH officer UNICEF Muhammad Kurniawan Afrianto mengatakan kegiatan Covid-19 Response ini mencakup tiga besaran kegiatan, salah satunya promosi hygiene dan kegiatan untuk mencegah penularan. Program ini merupakan wujud komitmen Yayasan Aceh Hijau dan UNICEF untuk mendukung Pemerintah dan turut berkontribusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Aceh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat Aceh yang terdampak, khususnya anak-anak Aceh.