DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH MENGGELAR PELATIHAN KEGAWATDARURATAN MEDIK

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menggelar Pelatihan Kegawatdaruratan Medik bagi petugas PSC-119 Kota Banda Aceh. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari Rabu s.d Jumat  (21 s.d 23 Oktober 2020), bertempat di Aula Ibnu Sina Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 46 orang yang terdiri dari 16 orang dokter, 16 orang perawat, 10 orang supir ambulance, dan 4 orang call center.

Pelatihan ini di buka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM., M.Kes. “PSC Kota Banda Aceh merupakan pelayanan kesehatan pra rumah sakit yang dapat membantu masyarakat Kota Banda Aceh untuk mendapatkan pelayanan kegawatdaruratan medik yangcepat dan yepat”, kata Lukman.

Kadinkes Kota Banda Aceh menyampaikan apresiasi atas sedikasi dan kinerja petugas PSC 119 Kota Banda Aceh pada tahun 2020. Mengingat pada tahun ini adanya wabah Covid-19 yang masih sangat meresahkan semua pihak.

Pelatihan ini disampaikan oleh narasumber dari PSC-119 Provinsi Aceh, dr. Edrin dan rekan tim. Materi yang di sampikan di dalam pelatihan yaitu, bantuan hidup dasar, standarisasi ambulance, initial assesment kegawatdaruratan, serta stabilisasi dan transportasi pasien.

Dengan pelatihan ini diharapkan semua petugas PSC-119 yang akan melakukan tugas di lapangan mampu mengurangi angka kematian dan perburukan kondisi pasien di lapangan dengan tindakan cepat tanggap kegawatdaruratan medik dalam evakuasi pasien.

Maka dari itu diharapkan dengan pelatihan ini semakin memantapkan kemampuan kegawatdaruratan medik petugas PSC Kota Banda Aceh. Kedepannya diharapkan PSC-119 Kota Banda Aceh semakin solid dan lebih dikenal oleh masyarakat.