Dinkes Kota Banda Aceh Launching Rumoh Gampong Sehat

Banda Aceh – Dinkes Kota Banda Aceh launching Rumoh Gampong Sehat (RGS) yang merupakan pusat pembelajaran masyarakat, ruang literasi kesehatan, pusat informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan pembangunan di gampong dalam bidang kesehatan di Gampong Laksana.

Launching RGS di Gampong Laksana turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kabid Kesmas, Camat Kuta Alam, Keuchik Gampong Laksana, TP PKK Kuta Alam dan TP PKK Gampong Laksana. Selasa (01/12/20).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kabid Kesmas, Saifuddin A. Malik., SKM., S.Sos melakukan pemotongan pita dan buka tirai launching RGS didampingi Kepala Puskesmas Kuta Alam, dr. Laura.

Adapun RGS merupakan sebuah pusat kemasyarakatan (community center) karenanya memiliki fungsi sebagai ruang publik untuk urusan kesehatan di gampong yang sangat strategis untuk mendorong  adanya literasi kesehatan maupun untuk mengadvokasi kebijakan pembangunan di gampong agar lebih terfokus pada upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di gampong.

“RGS merupakan pegiat pemberdayaan masyarakat serta pelaku pembangunan gampong meliputi Kader Posyandu, guru PAUD, kader kesehatan, unit layanan kesehatan, unit layanan pendidikan, kader PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Kuta Alam melalui Sekcam mengatakan kehadiran Rumoh Gampong Sehat di Gampong Laksana sangat menggembirakan karena upaya menemukan dan mendapatkan data tentang adanya stunting di gampong dapat lebih cepat dan tepat.

“Semoga melalui RGS ini, pihak kita lebih cepat mengetahui bila ada terjadi stunting dan lebih cepat juga kita mengambil langkah cepat menanganinya,” ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Laksana, Rahmad menyampaikan RGS yang telah dibentuk di Gampong Laksana ini, diharapkan dapat menjadi Rumah atau tempat yang baik dalam mendeteksi secara cepat bila ada anak-anak yang stunting serta dapat membantu keluarga dalam mendapatkan informasi tentang kesehatan.