Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Lakukan Skrining Pada Ibu Hamil

Banda Aceh – Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh mengadakan kegiatan pemeriksaan HIV kepada ibu hamil pada Selasa (1/12/2020). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari ibu hamil yang berasal dari 11 puskesmas di Kota Banda Aceh.

Peringatan hari AIDS sedunia yang mengusung tema  “Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Solidaritas” ini dilaksanakan di Puskesmas Meuraxa dan bergabung secara live dengan Kementerian Kesehatan RI yang diikuti oleh 34 Provinsi secara zoom meeting.

Kabid P2P Dinkes Kota Banda Aceh Desvita SKM, M.Kes., mengatakan peringatan hari aids sedunia tahun 2020 dilaksanakan secara berbeda di masa pandemi Covid-19. Tahun ini, peringatan tetap dilaksanakan tetapi secara virtual demi memperkuat kolaborasi menuju 10 tahun akhir AIDS 2030.

“Setiap tahun Banda Aceh memperingati hari AIDS. Untuk tahun ini secara virtual demi mewujudkan tema hari AIDS dalam memperkuat kolaborasi, tingkatkan solidaritas 10 tahun menuju akhir AIDS 2030,” tuturnya.

Dikatakannya, dalam memperkuat komitmen atas pencegahan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular harus dilakukan secara bersama. Dalam hal ini, baik di jajaran lintas sektor dan masyarakat harus saling bersinergi dalam mencegah HIV/AIDS.

“Kegiatan hari ini terselenggara berkat kerjasama dengan Dinkes Aceh, KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Aceh dan Banda Aceh, PMI, GHANA, CIMSA Unsyiah, dan lintas sektor lainnya tutupnya.