Dinkes Kota Banda Aceh Lakukan Pemeriksaan dan Edukasi Kesehatan ke Dayah Al Fatani Darussalam

Banda Aceh – Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Puskesmas Jaya Baru pada Senin (29/3) mengunjungi Dayah Al Fatani Darussalam, Jl. Bahagia, Punge Blang Cut. Kegiatan ini merupakan upaya Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dalam rangka penerapan dayah bersih dan sehat di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes., melalui Kabid Kesmas, Saifuddin Malik, SKM., mengatakan hal ini merupakan salah satu dari 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bagi upaya menjaga dan memelihara kesehatan warga santri dan sekolah agar tetap sehat.

“Pemeriksaan kesehatan berkala bagi santri dan guru di dayah ini sudah kita gelar mulai 22 Maret lalu, pelayanannya berupa pemeriksaan kesehatan fisik, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan dan sanitasi dayah dan penyuluhan kesehatan serta konsultasi kesehatan”, ungkapnya

Saifuddin juga menambahkan, Dinas Kesehatan akan terus bersinergi dengan Dinas Pendidikan Dayah dalam menjalankan program pelayanan Usaha Kesehatan Dayah (UKD).

Program pelayanan kesehatan dayah ini dilaksanakan secara reguler oleh Puskesmas melalui program usaha kesehatan sekolah/dayah (UKS/D) dengan strategi kunjungan ke sekolah/dayah yang berada di wilayah kerja Puskesmas.