Perkuat Pelayanan Posyandu Bungong Jeumpa, Dinkes Kota Banda Aceh Lakukan Pembinaan

Banda Aceh – Pos pelayanan terpadu (Posyandu) memiliki peranan penting disuatu gampong. Karena melalui Posyandu ada banyak hal terkait kesehatan yang dapat dilakukan. Posyandu yang memiliki peran sebagai UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) ini merupakan milik masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

Posyandu juga berkontribusi sebagai salah satu wadah pelayanan kesehatan yang menjangkau masyarakat di gampong. Pelayanan ini diharapkan mampu menjadikan Posyandu memiliki pelayanan terstandar.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bersama dengan Puskesmas Meuraxa melakukan pembinaan pencatatan dan pelaporan di Posyandu Bungong Jeumpa, gampong Lampaseh Aceh. Dalam pertemuan tersebut, tim dari Dinas Kesehatan menyampaikan motivasi dan strategi dalam memperkuat pelayanan di Posyandu.

Harapan ini menjadi suatu motivasi dalam menciptakan Posyandu yang berkualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan, terutama dalam upaya melakukan pemantauan dan perkembangan bayi/balita di wilayah tersebut.

Upaya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi/balita sangat diharapkan dalam deteksi dini terjadinya masalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi/balita.

Kepala seksi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Syukriah, SKM., MKM., mengharapkan peningkatan kualitas Posyandu dapat meminimalisir kejadian gizi buruk dan stunting yang saat ini menjadi masalah yang belum terselesaikan.