Bersama Dinkes Aceh, Dinkes Kota Banda Aceh Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Hygiene dan Sanitasi Pondok Pesantren

Dalam rangka penyelenggaraan penyehatan di lingkungan pondok pesantren (potren), Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Dinas Kesehatan Aceh melakukan inspeksi kesehatan lingkungan sebagai pembinaan dan pengawasan Hygiene dan sanitasi demi memutus mata rantai penularan penyakit yang berbasis lingkungan di tempat-tempat umum, terutama dipondok pesantren. Kegiatan tersebut dilakukan di pesantren Darul Ulum dan Insyafuddin kecamatan Kuta Alam.

Dalam kunjungan tersebut tim Dinkes Aceh yang diketuai Edi Hidayatsyah, S.Hut., MT dan tim Dinkes Kota Banda Aceh yang diketuai Syahril, SKM.,M.kes  bertemu dengan unsur pimpinan potren, Ust Lukman Nurhidayat dan Ust  Zulfikar untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim yaitu melakukan intervensi kesehatan lingkungan potern serta menyerahkan bantuan paket sanitarian kit berupa desinfektan beserta botol semprot, lap desinfeksi, sabun antiseptic, lap tangan gantung, gunting kuku, pembalut, masker, jerigen lipat, serta material promosi.

Selanjutnya tim melakukan observasi inspeksi ke dapur potren, asrama, pengelolaan air dan limbah, ruang belajar, tempat pengelolaan makanan dan lingkungan potren Darul ulum dan insyafuddin.

Dari hasil intervensi yang dilakukan ada beberapa permasalahan yang harus ditindaklanjuti oleh potren yaitu kebersihan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Tim menyarankan untuk selalu menjaga hygiene dan sanitasi dengan menerapkan PHBS. Pihak pesantren berjanji kedepan akan terus meningkatkan kualitas dan lingkungan potren yang lebih baik dan lebih sehat dengan melibatkan seluruh karyawan/guru, santriwan/santriwati dalam mewujudkan potren yang sehat.