Tenaga Kesehatan di Kota Banda Aceh Mulai Dapatkan Vaksinasi Dosis Ketiga

Banda Aceh – Guna meningkatkan proteksi kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kesehatan mulai memberikan vaksin dosis ketiga untuk seluruh tenaga kesehatan di Kota Banda Aceh, pada Selasa 10 Agustus 2021.

Vaksin yang digunakan adalah vaksin Covid-19 jenis Moderna. Pemberian vaksinasi dosis ke 3 bagi nakes telah mendapatkan rekomendasi dari Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) atau Komite Penasehat Ahli Iminusasi Nasional.

Penyuntikan vaksin dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan diikuti sebanyak 42 pegawai Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Akhir-akhir ini banyak nakes yg terkonfirmasi positif Covid-19. Kita harapkan dengan pemberian vaksin Moderna ini dapat meningkatkan imun tubuh para tenaga kesehatan di Kota Banda Aceh,” ujar Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat meninjau lokasi vaksinasi.

Aminullah berharap masyarakat dapat menjalankan prokes secara ketat. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi kegiatan yang bersifat mobilisasi sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Banda Aceh mulai hari ini memasuki PPKM level 4, oleh karena itu kita meminta kepada seluruh warga kota untuk lebih waspada, karena saat di level 3 penularannya luar biasa,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Kuta Alam dr. Laura Mendapatkan Vaksin Dosis Ketiga

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM., M.Kes mengungkapkan saat ini Kota Banda Aceh mendapatkan 4.760 dosis vaksin Moderna dari Pemerintah Aceh, dan semuanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang telah melakukan vaksin dosis satu dan dua Sinovac minimal 3 bulan.

“Nantinya saat petugas menginput data calon penerima vaksin ini, kelihatan datanya. Apabila nakesnya baru dosis pertama dan belum kedua, maka akan ditolak,” ujarnya.

Lukman menegaskan saat ini pihak selain nakes belum dapat diberikan vaksin Moderna.

“Di aplikasi PCare disana sudah ada data diri lengkap, kapan dosis pertama dan kedua diberikan, termasuk nakes atau bukan. Nanti sistem akan menolak jika memang tidak berhak mendapatkan vaksin Moderna ini,” ungkapnya.

Untuk hari pertama pelaksanaan dari 42 target, nakes yang mendapatkan vaksin dosis ketiga berjumlah 28 orang. Pemko Banda Aceh manargetkan di bulan Agustus semua nakes di Kota Banda Aceh sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Selama pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan, para tenaga kesehatan yang mengikuti vaksinasi mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang signifikan.